5 Hal Wajib Tahu : Basic Recurve Archery

1- Pilih Busur yang Cocok

Seperti halnya sepatu pelari atau sepeda biker, busur Anda harus cocok dengan tinggi Anda dan berat tarikan yang sesuai dengan level kemampuan Anda.

Spesifikasi busur biasanya merujuk pada dua hal : panjang busur dan berat tarikan.

Panjang busur disebutkan dalam ukuran inchi. Panjang busur ditentukan oleh seberapa panjang rentang tangan Anda saat menarik busur (drawing) atau sering diistilahkan sebagai Draw Length.

Berat tarikan (Draw Weight) biasanya dalam satuan lbs ( 1 lbs = 0.45 kg). DW yang disarankan adalah DW yang nyaman digunakan dalam latihan sesuai level kemampuan Anda.

Meminta saran pelatih Anda atau instruktur di toko panahan akan memudahkan Anda mengambil keputusan untuk mendapatkan busur yang tepat.

2- Fokus pada Stance yang Tepat

Memerhatikan stance / cara berdiri mungkin nampak sepele sekali. Padahal Anda hanya cukup berdiri dan nge-shoot bukan?

Stance adalah bagian penting dalam memanah. Cara Anda berdiri harus konsisten sehingga tubuh bagian bawah Anda (pinggul hingga kaki) mendukung tubuh bagian atas (bahu, lengan, dan kepala) dan semua proses dalam memanah.

Ada beberapa opsi stance yang bisa Anda gunakan. Sangat dianjurkan mengikuti saran pelatih untuk stance yang sesuai dengan Anda. Paling penting adalah konsisten dalam cara berdiri. Karena hal ini merupakan awal dari tembakan grouping yang Anda impikan.

3- Selaraskan Tubuh Bagian Atas

Saat nge-shoot menggunakan busur recurve, penting sekali memastikan kedua bahu Anda dalam garis lurus agar struktur tulang Anda menopang berat busur. Idealnya, tubuh bagian atas Anda harus membentuk huruf “T” yang bagus dan lurus saat Anda menarik busur recurve Anda.

Di antara yang perlu Anda perhatikan karena hal-hal berikut akan berpengaruh pada ketepatan dan konsistensi bidikan Anda :

Pastikan kepala tegak lurus dengan leher, tidak condong ke arah manapun.
Pastikan tulang rusuk tegak lurus dengan pinggul (badan tidak miring ke depan atau ke belakang), dan
Pastikan kedua bahu Anda rendah, santai, dan lurus.

4- Temukan Anchor Point yang PAS

Salah satu bagian mendasar dari memainkan busur recurve adalah menemukan titik anchor (anchor point). Yaitu tempat yang PAS dan konsisten mengistirahatkan tangan Anda setelah menarik string pada wajah atau bawah rahang Anda. Untuk pemula biasanya di tulang pipi atau dekat sudut mulut. Sedangkan untuk tingkat lanjut anchor terletak di bawah rahang (ujung buku jari telunjuk di bawah dagu).

Hal yang perlu diperhatikan pada titik anchor adalah memastikan selalu berada di tempat yang sama setiap saat, baik dalam hal ketinggian pada wajah/rahang, maupun jarak ke depan atau belakang.

Jika titik anchor bergerak, hal itu dapat menyebabkan tinggi atau rendahnya perkenaan arrow pada target. Juga berpotensi ke kanan atau kiri. Titik jangkar yang MANTAB dan KONSISTEN akan menjadikan perkenaan arrow Anda cenderung “grouping”.

5- Latihlah Release yang Mulus

Salah satu momen yang berasa keren saat memanah itu adalah ketika kita release (melepaskan) arrow. Saat release perlu memikirkan cara meminimalisir gerakan liar string.

Anda bisa membandingkan release dengan hanya membuka jari-jari Anda dan release dengan mengendurkan jari-jari Anda sembari menarik siku ke belakang hingga mengaktifkan otot belikat Anda. Cara terakhir akan menghasilkan tembakan yang lebih halus dan perkenaan arrow lebih terarah dan teratur.

Sempurnakan melatih release dengan memperhatikan tangan Anda bergerak stabil dari titik anchor mengikuti alur tulang rahang bawah dan terhenti di bawah telinga. Pastikan siku Anda tetap tertahan sejajar dengan bahu dan tidak turun.

Pertahankan fokus mata pada target saat release. Usahakan postur dan posisi Anda tetap lurus, juga tangan Anda yang mengontrol busur tetap tertahan lurus sementara hingga arrow berhenti di sasaran.

Komunikasikan tiap teknik bersama pelatih Anda. Jika Anda ingin putra-putri atau diri Anda sendiri terlatih basic skill untuk panahan recurve, hubungi manajer BOSS Archery School untuk pilihan pelatihan yang sesuai.

***

BOSS Archery
Suplier Panahan Terlengkap dan Terpercaya.
FP : BOSS Archery
IG : @BOSSArchery
Web : www.BOSS.web.id
WA : 0812-7070-4456 [Klik nomor untuk chat langsung via WA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *