Bow String, Jangan Sampe Garing


Ibarat roda pada mobil yang mentransfer energi dari mesin dan melesatkan mobil Anda. String pada busur juga memindahkan hentakan energinya kepada arrow hingga terpental melesat menuju target yang Anda bidik.String busur ini merupakan bagian paling vital dalam peralatan panahan Anda. Untuk itu perlu perhatian dan perawatan hingga penggantian untuk memastikan penggunaan yang aman dan maksimal.

Bahan konvensional yang digunakan untuk string berupa linen, rami, serat nabati lainnya, otot, dan kulit binatang. Dalam kondisi darurat, hampir semua serat dapat digunakan. Hanya saja serat dari otot dan kulit binatang akan sangat rentan dengan air.

Akan tetapi hari ini kita dapatkan string bahan sintetis berteknologi tinggi. Serat canggih ini memungkinkan busur menembak lebih handal, lebih cepat, dan akurat.

Bahan-bahan modern juga memungkinkan archer membuat sentuhan personal pada string busur mereka, sama seperti mereka lakukan pada vanes dan lainnya. Bagian tersulitnya, kita bakal disuguhi pilihan warna yang banyak sekali. Dan lebih banyak lagi saat Anda ingin mengombinasikan warna-warna itu untuk membuat busur Anda sangat-sangat personal. Anda bisa mendapatkan string dengan warna neon orange, merah muda, abu-abu, atau warna apa pun dan kombinasi warna yang Anda inginkan.

Sebelum order string baru, ada baiknya mengetahui beberapa hal terkait dengan string dan beberapa tips untuk mengurangi kerusakan dan memperpanjang usia pemakaian.

***

STRING MODERN

Di antara string dengan bahan serat modern yang sering digunakan oleh archer pemula adalah DACRON, dikarenakan daya tahan dan peregangannya. Dengan bahan polister biasa, Dacron memiliki kekuatan 50 lb atau setara 22,5 kg per helai (ply). String Dacron punya nilai peregangan yang relatif tinggi (2,6%) ini menyebabkan lebih sedikit goncangan pada busur. Senar Dacron mudah dipelihara dan dapat bertahan relatif lebih lama.

String modern lainnya ada yang menggunakan bahan polimer kristal cair seperti Kevlar dan Vectran. Bahan polimer ini memiliki kepadatan lebih tinggi dan diameter lebih kecil dari Dacron. Dengan kekuatan 31,8 kg (70 lb) per helai dan nilai peregangan 0,8%, string ini mampu menghasilkan kecepatan panah sekitar 2 meter/detik.

Polietilena dengan berat molekul sangat tinggi (UHMWPE – Ultra High Molecular Weight Polyethylene, seperti Spectra dan Dyneema, memiliki kekuatan 45,5 kg (100 lb) per helainya. Selain itu memiliki tingkat peregangan 1 %. String berbahan ini lebih ringan dan lebih cepat dari string berbahan Kevlar. Selain juga lebih tahan lama.

Terkadang string modern dibuat dari campuran fiber komposit campuran dari Vectran dan Dyneema, untuk mendapatkan keunggulan dari masing-masing bahan.

Belakangan penggolongan jenis string ini menyempit menjadi 2 saja : Dacron dan Fast Flight. Fast Flight adalah merk string produksi Brownell. Mungkin ini semacam penyebutan “Sanyo” sebagai ganti penyebutan jenis produk “pompa air” bahkan meski menggunakan merk lainnya.

Dacron diistilahkan untuk string yang punya nilai regang / melar lebih besar dari Fast Flight.

Sedangkan Fast Flight diistilahkan untuk semua jenis bahan string modern yang punya nilai regang / melar lebih kecil dari Dacron.

Contoh string berbahan Dacron atau setara :
Brownell B50
BCY B55

Contoh string berbahan Dyneema :
BCY DynaFLIGHT 97
BCY Mercury
BCY 8190F
BCY 8125

Contoh string berbahan Spectra :
Brownell Fast Flight
BCY 652 Spectra

Contoh string berbahan campuran Dyneema dan Vectran :
Brownell Vantage
BCY 452X
BCY X-99
BCY 450 Plus

***

STRING RECURVEBOW dan LONGBOW

Ketika membeli sebuah string, kita musti tahu panjang busur. Hal ini bisa dengan mengukurnya dari cekungan di ujung busur (limb) ke cekungan di ujung lainnya. Pada busur recurve modern(standarbow dan FITA), panjang busur biasanya tertera pada badan limb dengan ukuran inch.

Sekali Anda mengetahui ukuran panjang busur, maka Anda bisa menentukan panjang string untuk busur Anda.

Pada busur recurve, biasanya panjang string lebih pendek 4 inch dari panjang busur. Sedangkan pada longbow, panjangnya 3 inch lebih pendek dari panjang busur.

Jika belum juga yakin dengan pengukuran Anda, datang saja ke toko archery terdekat untuk mempelajari panjang string. Di BOSS Archery Anda bisa bebas bertanya dan meminta saran terbaik untuk kebutuhan archery equipment Anda.

Kemudian, tentukan berapa banyak helai (ply) bahan string yang Anda butuhkan. Ini tergantung pada jenis bahan string dan draw weight pada busur Anda.

Draw weight yang besar akan membutuhkan lebih banyak helai untuk menanggung beban tersebut. Dan draw weight yang lebih kecil akan memerlukan helai lebih sedikit pula. Konsultasikan hal ini pada pelatih atau toko archery langganan Anda.

Untuk recurvebow dan longbow terdapat dua tipe berdasarkan cara pembuatannya : FLEMISH TWIST dan ENDLESS LOOP. Flemish twist pada lubang di kedua ujungnya berupa jalinan/kepangan. Memberikan kesan tradisional yang menarik. Sedangkan pada Endless loop, lubang di kedua ujungnya dilapisi dengan lilitan benang serving.

String Flemish twist sering digunakan pada tradbow. Menambah kesan estetika dan keindahan pada busur tradisional. Sedangkan string Endless loop sering kita jumpai digunakan pada busur pemanah target. Dan tipe string terakhir ini, selain menyediakan string siap pakai, BOSS Archery sudah bisa membuat custom sesuai kebutuhan customer.

***

STRING COMPOUNDBOW

String pada busur compound terdiri dari beberapa bagian. String busur itu sendiri dan 1 kabel atau lebih yang menghubungkan antar cam. Panjang string dan kabel biasanya tertulis di busur atau di buku manual yang disertakan. Jika Anda tidak menemukannya, bawa busur Anda ke toko panahan untuk mendapatkan informasi yang tepat.

***

PERAWATAN STRING

Tentu saja usia string kita sangat bergantung dengan intensitas penggunaan. Namun dengan mengikuti beberapa tips berikut akan bisa membantu memperpanjang usia pemakaian string :

  • Beri Bowstring-WAX (pelumas) pada string secara teratur.
  • Sebelum berlatih tiap hari, periksalah string, gerakkan jemari Anda pada string ke atas dan ke bawah untuk memeriksa jisa saja string terasa kering. Olesi dengan WAX dan tekanlah dengan jemari Anda hingga benar-benar merasuk ke dalam string.

  • Jangan meletakkan busur di bawah terik panas. Hindarkan sebisa mungkin dari panas ketika usai sesi memanah.
  • Pada recurvebow dan longbow, untuk menghindari peregangan string sepanjang waktu, sebaiknya string dilepas ketika busur tidak lagi digunakan berlatih.

Jika Anda membutuhkan string baru, custom advanced, dan perawatan, kunjungi BOSS Archery untuk mendapatkan informasi dan pelayanan yang Anda inginkan.
***

BOSS Archery
Suplier Panahan Terlengkap dan Terpercaya.
FP : BOSS Archery
IG : @BOSSArchery
Web : www.BOSS.web.id
WA : 0812-7070-4456 [Klik nomor untuk chat langsung via WA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *