Divisi & Kelas di World Archery Rule

Tentu Sobat Archer sekalian sangat tahu tentang World Archery (WA) kan. Kali ini kita akan kepoin sebagian Rule WA, biar makin ngeh, barangkali juga bisa jadi inspirasi pembinaan atlit di klub atau daerah sobat sekalian.

Klo kita simak pertandingan yang diselenggarakan oleh World Archery, atau saat kita baca update suatu pertandingan melalui ianseo, kita akan dapati istilah Divisi (Divisions) dan Kelas (Classes) kan.

Klo Divisi sobat Archer sudah hafal betul pastinya. Atlit dengan tipe bow yang berbeda dikelompokkan pada divisi yang berbeda dan bertanding pada event yang berbeda juga.

Divisi yang dikenali oleh WA pada jenis event Target Archery antara lain : Recurve, Compound, Barebow, dan Standarbow (hanya di pertandingan khusus Standarbow). Sedangkan pada event Field Archery, divisi yang biasa dipertandingkan adalah Recurve, Compound, dan Barebow.

Untuk sobat Archer horsebow / instinctive bow, dalam Rule WA diakomodasi pada event yang lebih menantang: 3D Archery. Dalam event jenis 3D Archery ini divisi yang biasa diperlombakan adalah Compound, Barebow, Longbow, dan Instictive bow.

Selain divisi, Sobat Archer mestinya mengenali kelas-kelas dalam pertandingan panahan di tanah air. Ada SD Putra, SD Putri, SMP Putra, SMP Putri, Umum (open) Putra dan Umum (open) Putri. Beberapa event di daerah juga membagi kelas SD menjadi 2 : SD Kelas 1-3 dan SD Kelas 4-6.

Sedangkan untuk kejuaraan nasional dan daerah yang diorganisasi oleh KONI atau Perpani membaginya dalam event khusus pelajar (misal : POPNAS), khusus mahasiswa (misal : POMNAS), dan umum (misal : PON)

Berbeda dengan regulasi nasional, kelas yang biasa diperlombakan oleh WA adalah sebagai berikut :

– Cadet Women
– Cadet Men
– Junior Women
– Junior Men
– Women
– Men
– Master Women
– Master Men
– Para-Archery

Cadet – Seorang atlit diijinkan mengikuti kelas Cadet ketika event itu diselenggarakan usianya tidak lebih dari 17 tahun.

Junior – Seorang atlit diperbolehkan mengikuti kelas Junior ketika event tersebut diadakan usianya tidak lebih dari 20 tahun.

Master – Seorang atlit diperkenankan bertanding di kelas Master ketika event itu digelar usianya tidak kurang dari 50 tahun.

WA mengadakan event terpisah baik Target Archery maupun Field Archery untuk Kelas :
 Cadet and Junior Women
 Cadet and Junior Men
 Master Women and Men

Dan seorang atlit hanya diijinkan untuk mengikuti satu kelas saja pada tiap event, dan hal ini berlaku untuk semua kelas yang memenuhi syarat. Jadi seorang berusia kurang dari 17 tahun misal, pada suatu event untuk remaja harus memilih antara mengikuti kelas cadet atau kelas junior.

Demikian sekilas kepoan kita kali ini pada Rule WA No. 4.2 dan 4.3. Semoga memberi tambahan wacana tentang panahan dan bermanfaat bagi sobat-sobat Archer sekalian.

Simak versi Videonya di sini :
https://www.youtube.com/watch?v=dpRQNm_gdiM

***

BOSS Archery
Suplier Panahan Terlengkap dan Terpercaya.
FP : BOSS Archery
IG : @BOSSArchery
Web : www.BOSS.web.id
WA : 0812-7070-4456 [Klik nomor untuk chat langsung via WA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *