Ikutan Turnamen, Siap? Berani?

Banyak alasan bagi Archer pemula untuk memulai kejuaraan panahan. Menambah teman baru, nyambung silaturahmi dengan teman lama, mengasah skill, dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita.

Klo Anda, alasan apa yang mendorong Anda ikut turnamen panahan? tulis di kolom komentar ya

Tentu selain alasan yang kuat, mustinya ada kesiapan diri yag cukup untuk dapat mengikutinya bukan?
Nah gimana sih kita tahu klo kita sudah siap berpartisipasi dalam sebuah event kejuaraan panahan?
Apa tanda-tanda yang bisa Anda kenali?

Setidaknya ada 5 tanda :

  1. Anda mulai kepo tentang kompetisi.
  2. Saat Anda mulai tanya-tanya tentang kompetisi, Anda lebih siap dari orang lain yang tak pernah bertanya-tanya tentangnya.

    Anda mulai tanya tentang jarak, aturan, kelayakan asesoris Anda saat ini untuk kelas kompetisi yang sesuai, dsb. Ini salah satu tanda mental Anda sudah siap untuk berkompetisi. Dan nggak ada cara paling tokcer untuk mempelajari kompetisi selain dengan ikutan jadi peserta. Itu…

  3. Anda jadi demen nge-shot.
  4. Saat latihan Anda jadi demen banget nge-shot. 20, 30, bahkan 100 kali nge-shot terkadang menurut Anda masih kurang. Klo sudah punya rasa begitu, Anda sudah cocok ikutan turnamen panahan. Tempat yang cocok banget untuk melampiaskan passion Anda dan hasrat Anda untuk release arrow demi arrow.

  5. Punya peralatan panahan.
  6. Nggak lucu kan mau ikut kompetisi tapi nggak punya busur, arrow dan kelengkapannya. Klo peralatan panahan Anda sudah lengkap sesuai standar minimal kelas kompetisi yang ingin Anda ikuti, langsung cauw aja. Daftar, jangan ragu!

  7. Pengen meningkatkan skill memanah.
  8. Kompetisi merupakan cara paling tepat untuk meningkatkan skill memanah Anda. Semakin banyak nge-shot, semakin baik kemampuan Anda. Terlebih saat Anda mulai terbiasa nge-shot dalam tekanan.

    Tekanan ratusan pasang mata menyaksikan Anda. Tekanan skill peserta lain yang tak mau kalah hebatnya. Tekanan batasan waktu untuk nge-shot. Tekanan segala aturan kompetisi yang baru Anda kenal. Saat Anda mulai terbiasa dengan segala tekanan ini, dan tidak menggoyahkan Anda sedikit pun, Anda akan dapati diri Anda lebih baik dari diri Anda sebelumnya.

    Yuph, ini soal mengalahkan diri Anda sendiri!

  9. Anda siap secara mental.
  10. Kejuaraan pertama bagi seorang pemanah akan begitu mendebarkan. Tapi semua akan terlewati dengan kesiapan mental, kepercayaan, dan keyakinan diri yang tinggi, serta berkomitmen untuk berkompetisi maksimal. Dan satu-satunya yang mengetahui kesiapan mental itu adalah diri sendiri, bukan orang lain, bukan orangtua, dan juga bukan pelatih.

Setelah tahu tanda bahwa Anda telah siap untuk maju ke suatu kompetisi, dan Anda memutuskan untuk memulai debut turnamen panahan yang pertama, berikut ini yang harus dilakukan :

  1. DAFTAR
  2. Jika Anda sudah memilih turnamen mana yang akan Anda ikuti, tentu hal yang pertama adalah mendaftar. Segera Mendaftar sebagai wujud komitmen pada diri sendiri untuk SERIUS ikut berpartisipasi. Klo daftar saja nggak berani, yaah, mundur lagi donk… hehehe…

    Klo sudah banyak tanda kesiapan, minta saran kawan klub atau pelatih, bisa juga toko panahan di kota Anda untuk memilih turnamen yang sesuai dengan progres latihan Anda sekarang. Berikutnya SEGERA DAFTAR. Simpel.

  3. CEKLIS APA SAJA YANG ANDA BUTUHKAN
  4. Untuk memulai turnamen pertama Anda nggak perlu busur dan arrow yang mahal. Cukup yang ada saja. Klo adanya yang mahal ya mau gimana lagi?

    Jadi Anda perlu siapkan setidaknya 6 batang Arrow. Baiknya siapkan cadangan 2-3 batang lainnya. Ini untuk berjaga barangkali ada kerusakan pada Arrow Anda di tengah kompetisi, sehingga Anda tidak kehilangan poin karena kekurangan Arrow.

    Bisa juga, barangkali Arrow Anda nyasar ke balik target dan waktu untuk mencarinya biasanya terbatas, jadi penting ada cadangan agar di rambahan atau sesi berikutnya jatah shot Anda tidak berkurang. Tapi sepertinya Anda nggak akan seperti itu kan?

    Owh ya, usahakan aksesoris Arrow Anda sama. Warna nock dan kombinasi warna vanes harus sama. Biasanya ini dijelaskan di tiap handbook peraturan turnamen.

    Selain itu Anda membutuhkan Bow-stand untuk menyimpan busur Anda saat tidak nge-shot sehingga tidak mengganggu orang lain. Juga sebuah Puller, alat cabut Arrow termasuk urgen untuk Anda bawa. Karena Anda bakalan mencabut Arrow puluhan hingga seratus lebih jika Anda SUKSES melaju hingga babak aduan. Menggunakan tangan langsung selain menguras lumayan banyak tenaga juga akan membuat telapak tangan Anda panas terlebih saat matahari makin memanas.

    Pakaian yang sesuai dengan aturan turnamen, air minum, kursi lipat, dan payung juga bisa Anda pertimbangkan agar turnamen pertama Anda berjalan menyenangkan. Yang jelas jangan sampe bawa tenda, sleeping-bag, termos, panci, dan kompor. Ini mau turnamen ato camping mas bro?

    Persiapkan juga hal2 untuk cuaca buruk. Baca dengan cermat setiap poin peraturan agar Anda tidak terlewat hal-hal penting lainnya. BUDAYAKAN Baca Peraturan dengan baik. PENTING. Itu ( emoticon Pak Mario Teguh )

  5. BANYAK LATIHAN
  6. Ketegangan dalam turnamen pasti Anda rasakan. Ini nggak bisa Anda dapatkan dalam latihan Anda. Tapi Anda bisa membuat latihan Anda lebih menantang mendekati “rasa” turnamen. Gunakan batasan waktu yang ketat saat latihan persiapan turnamen.

    Kombinasi target scoring di atas rata2 latihan Anda di hari biasa plus batasan waktu yang ketat, ini akan memompa adrenalin Anda. Memaksa otak, “memori” otot, dan nafas Anda bekerja lebih keras memadukan segala informasi teknis dan rasa di sekeliling Anda untuk menghasilkan shot yang terbaik.

    Turnamen pertama adalah pembelajaran. Anda jangan menekan diri sendiri untuk menang atau memecahkan suatu rekor. Sersan saja. Serius saat latihan persiapan, tapi tetap enjoy saat kompetisi.

Dan klo Anda nggak lupa kalender karena baru saja libur panjaaaaang. Sekarang kita masuk bulan Juli. Dan nggak ada yang ragu bahwa setelahnya adalah bulan Agustus. Dan saat ini mulai ada kasak-kusuk persiapan panitia untuk Batam Archery League (BAL) sesi ke-2 di tahun 2018 ini. Artinya BAL #2 SERIUS akan HADIR.

Kabarnya ada 3D Archery segala! Apa nggak gokil tuh! KEREN!

Hanya di BAL #2 di bulan Agustus 2018.

In sya Allah tetap sama.
Liga ini untuk ajang turnamen teman-teman Archer di Batam dan Kepri.

Nggak ada kata “OPEN”, tapi rasa open banget, hehehe

Waiting you on the TOP!
Stay tune!
***

BOSS Archery
Suplier Panahan Terlengkap dan Terpercaya.
FP : BOSS Archery
IG : @BOSSArchery
Web : www.BOSS.web.id
WA : 0812-7070-4456 [Klik nomor untuk chat langsung via WA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *