WAIT! Bayangkan jika Anda Archer Horsebow, Barebow, Standarbow, Recurve FITA, dan Compound! (Tulisan Berseri Ke-2)

Sudah tahu kan klo HAL PERTAMA yang harus dikuasai oleh seorang archer (apapun jenis bow yang Anda mainkan) adalah skill yang membuat tembakan Anda menjadi PRESISI alias GROUPING.

Dengan kata lain, target latihan Anda adalah meminimalisir luasan sebaran perkenaan anak panah. Makin lama harus makin kecil luasan groupingnya. Segini 👌 klo bisa.

Tentang Presisi vs Akurasi ini bisa dibaca dipostingan sebelumnya. Alhamdulillah banyak praktisi panahan berkenan share dan bahkan request untuk dilanjutkan.

So… setelah menguasai PRESISI, baru fokus ke AKURASI.
Ini mindset dasar. Pola latihan harus kembali ke tujuan ini.

Baik kita lanjutkan pembahasan…

Sempat kami singgung di akhir pembahasan tentang Piramida Form.
Ini merupakan visualisasi tahapan skill yang harus dilatih berdasarkan Mindset Dasar kita : Presisi dahulu, Akurasi kemudian.

Dasar Piramida Form adalah BASIC SKILL. Peletakan pondasi dasar skill memanah hingga mendapat presisi tingkat dasar.

Tengah Piramida Form adalah INTERMEDIATE SKILL. Meliputi skill lanjutan untuk mendapatkan presisi dan akurasi tingkat lanjut.

Puncak Piramida Form adalah ADVANCED SKILL. Skill yang akan mengantar kita pada tingkat presisi dan akurasi yang lebih tinggi.

Masing-masing tingkatan memerlukan latihan skill teknik serta latihan fisik dan mental pendukung dengan bentuk dan porsi yang sesuai.

BACK To BASIC

Archer new-comer hingga pemula muka lama yang mulai galau dengan hasil shot yang masih tersebar ke mana-mana sangat disarankan untuk memperhatikan skill BASIC. Back to BASIC itu kuncinya.

Jangan malu meski sudah berakar di lapangan panahan bertahun-tahun. Karena malu, gengsi, adalah Faktor Penghalang Terbesar Anda untuk maju.

Justru karena kita sudah terlalu lama berlatih dengan hasil ya sebegitu saja, kita perlu merubah mindset. Besar kemungkinan ada habit (kebiasaan) jelek yang telah kita bangun pada form kita.

Diperlukan ketabahan PLUS PLUS untuk merubah kesalahan yang telah direpitisi (diulang) ratusan kali.

Apa saja BASIC SKILL yang musti kita perhatikan untuk mendapatkan PRESISI dan AKURASI dasar?
1. Stance
2. Nock
3. Hook
4. Basic Grip
5. Basic Posture
6. Anchor

Keenam skill dasar ini harus benar-benar dikuasai hingga tahap di bawah sadar archer. Hingga jadi Habit, kebiasaan.

Rasanya kurang lebih seperti saat Anda terbiasa dengan memakai satu sandal. Ketika Anda memakai sandal lain dengan merk, warna, dan ukuran yang sama, kaki merasa bahwa itu bukan sandal yang biasa Anda pakai.

Nah jika Anda sudah membiasakan hal-hal mendasar itu, Anda akan merasakan kejanggalan, keanehan, saat Anda melakukan hal yang berbeda tipis.

Dan jika Anda dapati hasil tembakan Anda centang perenang, tersebar ke mana-mana.

Pernah mengalami adjust (atur) Sight ke kiri, eh tembakan over ke kanan. Lain kali adjust ke kiri, tembakan masih over ke kiri… Sudah atur ke atas, tetap juga over ke atas ato malah over ke bawah?

Bukan apa-apa, biasanya solusinya terkadang simple. Bukan lantas ganti sight ato ganti lainnya. Solusinya BACK to BASIC. Kembali ke Teknik Dasar.

Setelah Fisik dan Mental, Teknik adalah hal yang menjadi prioritas berikutnya untuk dievaluasi. Baru kemudian Alat sebagai pendukung.

Jangan sampai terbalik.

Menyoal STANCE (cara berdiri) saja akan memberi perbedaan yang sangat berarti. Karena Stance merupakan pondasi SANGAT PENTING, komponen PALING PENTING untuk hasil tembakan yang baik (Presisi, kemudian Akurasi).

Sebegitu pentingnya, STANCE harus menjadi HAL PERTAMA yang dipastikan secara sadar oleh pemanah ketika bersiap di Shooting Line.

STANCE tidak boleh sembarangan maju-mundur cantik. Shooting Line musti tepat di tengah-tengah antara kedua kaki. Maju-mundurnya stance mempengaruhi jarak archer ke target. Selisih jarak target berbeda akan mempengaruhi pengaturan sight (pada Standarbow, Recurvebow, dan Compoundbow) atau titik aiming / bidik (pada Barebow dan Horsebow).

Posisi kaki tak bisa di sini senang di sana senang. Harus pakem. Sehingga posisi berdiri Anda menjadi natural dan mendukung dinamika keseluruhan tubuh saat menembak.

Stance yang tepat dan kokoh akan membantu archer melewati tantangan menembak di situasi angin yang kurang bersahabat.

Tiap archer harus memastikan STANCE-nya tidak berubah-ubah.
Seorang pemanah harus dapat menduplikasi STANCE yang tepat tiap waktu.

Konsistensi di STANCE akan turut membentuk konsistensi tembakan (Presisi).

Pengen lanjut membahas detail hal-hal remeh di atas, tapi khawatir pada kurang minat nih.

Let’s see… ada yang pengen dilanjut?
—–
Enjoy SHARE, biar makin meluas manfaatnya

***

BOSS Archery
Suplier Panahan Terlengkap dan Terpercaya.
FP : BOSS Archery
IG : @BOSSArchery
Web : www.BOSS.web.id
WA : 0812-7070-4456 [Klik nomor untuk chat langsung via WA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *